Kamis, 10 Februari 2011

KELAHIRAN DAN WAFAT NABI MUHAMMAD SAW

Nabi Muhammad saw lahir di kota Mekah pada hari senin, tanggal 12 Rabiul Awal, tahun Gajah (tahun Abrahah menyerang Mekah dan berusaha menghancurkan Ka’bah dengan pasukan penunggang Gajah), bertepatan dengan tanggal 20 april 571 Masehi. Dengan demikian, maka jarak antara kelahiran Nabi Muhammad saw, dan Nabi Isa a.s. adalah 571 tahun. Sedangkan jarak antara Nabi Isa dan Nabi Musa sekitar 1716 atau 1900 tahun. Anatar Nabi Musa dan Nabi Ibrahim 545 tahun, dan antara Nabi Ibrahim dan Thufan sekitar 1080 tahun. Kemudian anatar Thufan dan Nabi Adam bapak manusia yang pertama, kurang lebih 2242 tahun. Dengan demikian, maka jarak antara kelahiran Nabi Muhammad saw. dan Nabi Adam, menurut pendapat yang akurat dan terkenal di kalangan para sejarawan adalah sekitar 6155 tahun.

Nabi Muhammad saw wafat pada hari senin tanggal 12 Rabiul Awal 11 Hijriyah, bertepatan dengan tanggal 8 juni 633 Masehi.

Menurut sebagian riwayat Ibnu Dihyah, bahwa yang menyalati jenazah Rasulullah saw sebanyak 30.000 muslimin, terdiri kaum laki-laki, perempuan dan anak-anak.

Jenazah nabi Muhammad saw dimakamkan di kamar Siti Aisyah pada hari Rabu. Makam itu sampai sekarang ramai diziarahi kaum muslimin, di Mesjid Nabawi, Madinah Al-Munawwaroh.

1 komentar:

Rizky mengatakan...

terima kasih ilmunya... sangat bermanfaat

Posting Komentar